IDEONOMYCA.ID E-COMMERCE BERBASIS SISTEM EKONOMI PANCASILA ASLI INDONESIA ( SEBUAH KOMBINASI KOPERASI + E-COMMERCE ) SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN DAN PERANGSANG EKONOMI INDOENSIA MELALUI DAPUR-DAPUR MASYARAKAT SEBAGAI PENYEDIA UTAMA PRODUK
Dalam
data yang dihimpun dari website www.boc.web.id , bahwa pengguna internet
Indonesia di tahun 2019 mencapai 150 juta penduduk naik dari tahun sebelumnya
yang juga tergolong tinggi yakni 143 juta pengguna. Hal ini membuktikan
bahwasannya perkembangan dan penggunaan Internet di Indonesia tumbuh dan
berkembang secara pesat.
Maka
dari itu, hal ini merupakan peluang yang harus dijemput oleh masyarakat yang
sadar akan hal ini. Pengguna internet yang tinggi tersebut, berdasarkan website
diatas mereka juga merupakan orang-orang yang memiliki social media yakni sebanyak 150
juta jiwa, Harta karun yang tak tersembunyi ini tentunya harus dapat
dimanfaatkan terkhusus generasi milenial yang memang hidup dan tak dapat
dipisahkan dari digital. Selain menjadi orang yang paham akan teknologi, harta
karun ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit ekonomi masyarakat
Indonesia. Maka dari itu, penulis memberikan sebuah tawaran pembangkit ekonomi
tersebut. Melihat peluang emas pengguna internet tersebut, maka penulis
menawarkan sebuah konsep pengembangan ekonomi masyarakat dengan menjunjung
tinggi ideology Pancasila yang kita anut.
IDEONOMYCA.ID
Sebuah
Kolaborasi Pengembangan Ekonomi Berbasis Digital Dengan Koperasi
Ideonomyca.id
merupakan website e-commerce yang dirancang guna mengembangkan koperasi di
Indonesia dengan menerapkan system ekonomi digital. Nama website ini sendiri
merupakan singkatan dari Ideology
Economyc of Public Welfare yang
memiliki tugas pokok dan fungsi sesuai dari namanya yakni pengembangan ekonomi Negara
berdasarkan ideology yang benar-benar dianut oleh Negara yakni Pancasila
berasas gotong royong bukan liberal/kapitalis ataupun social/komunis yakni yang
dikenal sedari dulu dengan sebutan Koperasi yang orientasi nya yakni
kesejahteraan masyarakat atau publik (public
welfare) terkhusus yang menjadi dan ambil bagian dalam pengembangan konsep
ini.
·
Fasilitator Pemasaran Produk Masyarakat
Gagasan ini memiliki keunggulan yakni membangkitkan
perekonomian masyarakat hingga ke desa-desa sekalipun. Seperti yang kita
ketahui, di pedesaan masih banyak para pekerja yang memiliki usaha maupun
bermatapencaharian seperti nelayan,petani dsb tidak dapat beradaptasi dengan
teknologi. Namun, koperasi adalah satu-satunya badan usaha yang dapat menembus
batas hingga ke desa. Dengan menggunakan koperasi ini, maka masyarakat yang
buta teknologi dapat memasarkan produk nya di e-commerce melalui koperasi.
·
Bagaimana Kerjanya?
Para masyarakat yang ingin mendaftarkan usahanya
agar masuk e-commerce ini wajib menjadi anggota sukarela di koperasi produksi
dan simpan pinjam yang berada di daerahnya, sesuai prinsip koperasi. Hal ini
juga sebagai suatu jalan mempermudah mereka, karena badan usaha yang berhasil
masuk hingga ke desa yakni koperasi. Setelah resmi mereka bergabung di Koperasi,
barulah mereka bekerja dan ikut serta dalam pengembangan koperasi tersebut,
sembari memasarkan produk mereka.
Lalu, tugas dari pihak Idenomyca.id menghimpun
keanggotaan ke seluruh koperasi di pelosok desa untuk dimasukan datanya di
website ideonomyca.id untuk kemudian digunakan untuk kepentingan pemasaran.
Selain itu, promosi website dilakukan juga melalui social media. Melihat fakta
diatas, pengguna social media juga mencapai 150 juta. Ini artinya, peluang ini
tetap harus dimanfaatkan. Setelah itu, maka layaknya penyedia tiket online,
(Traveloka, airy, dll) perusahaan travel tersebut, ketika kita memasukkan
tujuan kita, maka akan ditampilkan harga yang paling sesuai menurut mereka,
barulah dibeli. Sama halnya dengan website ini. Maka website akan menampilkan
bnyak produk, calon pembeli disuguhkan berbagai macam produk yang mereka
butuhkan, mulai dari bahan makanan, peralatan, dan seluruh produk yang
dipasarkan oleh anggota koperasi. Apabila terdapat barang yang sama, maka tidak
akan menjadi masalah, karena produk tetap ditampilkan, tinggal pembeli yang
berselera ingin membeli dengan harga yang mana. Selain itu juga, harga
penjualan di website akan dinaikan sedikit dari harga aslinya, yang nantinya
keuntungan dari penjualan yang lebih dari harga tersebut akan dimainkan subsidi
silang kepada usaha yang membutuhkan pinjaman, terancam bangkrut, atau bagi
calon anggota lain yang kemungkinan tertarik untuk membangun usaha juga. Maka
dana tersebut akan kita berikan kepada orang-orang tersebut yang tentunya,
mereka juga wajib mengembalikan apaibila usaha mereka sudah berjalan
sebagaimana diharapkan.
#PRAJA2019 #anugerahMISGroup #koperasi #wirausaha."koperasi digital"
Comments
Post a Comment